Image Hosted by ImageShack.us

Cari di blog ini

by Andy Rudhito Yogyakarta

Artikel: KOMPUTER SEBAGAI ALAT BANTU BERPIKIR: SUATU KAJIAN INOVASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN KOMPUTER

M. Andy Rudhito

Dewasa ini dan untuk waktu yang akan datang komputer telah dan akan menjadi bagian dari kehidupan masyarakat kita sehari-hari. Dalam dunia pendidikan, komputer sudah mulai digunakan dan dirasakan manfaatnya, seperti dalam tutorial maupun inovasi-inovasi pembelajaran. Penggunaan komputer dalam pembelajaran matematika merupakan suatu daya tarik tersendiri bagi siswa.

Dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) untuk Mata Pelajaran Matematika dari SD sampai dengan SMA, pemerintah telah mendorong digunakannya komputer dalam pembelajaran matematika. Seperti yang tercantum dalam Rambu-rambu no.7 : “Sekolah dapat menggunakan teknologi seperti kalkulator, komputer, alat peraga, atau media lainnya untuk semakin meningkatkan efektifitas pembelajaran ... “ (Depdiknas, 2003, hal: 5).

Dua kemampuan yang penting untuk mendukung ketrampilan hidup (life-skill) yang terkait dengan matematika adalah kemampuan memecahkan masalah (problem solving) dan komunikasi matematika. Dalam KBK untuk Mata Pelajaran Matematika, dua kemampuan di atas juga telah ditetapkan sebagai kemampuan yang hendak dicapai di samping beberapa kemampuan yang lain (Depdiknas, 2003, hal: 4).

Download Artikel

Tidak ada komentar:

DAFTAR ISI Blog ini